Cari Blog Ini

Rabu, 16 November 2011

KETIKA BUAH MEMICU ALERGI

Menurut dr.Iris Rengganis, pakar imunologi di RS Cipto Mangunkusumo Jakarta menyatakan bahwa alergi timbul karena dua faktor, yakni faktor genetik dan lingkungan. Faktor genetik tidak bisa diubah, sedangkan faktor lingkungan dapat dikontrol, diantaranya alergi yang disebabkan ikan laut, hewan berbulu, udara dingin, kotoran, debu dan buah-buahan.                                                                                                                      
Ternyata tidak selamanya buah-buahan berfungsi sebagai makanan yang selalu menyehatkan badan, tetapi buah-buahan bisa menjadi pemicu alergi, seperti ceri, kiwi, pepaya, persik, nanas, plum, melon dan stroberi. Gejala alergi yang tampak seperti timbulnya eksim yang mengakibatkan gatal disekitar mulut, bengkak di bibir dan wajah memerah.
Untuk meminimalkan reaksi alergi buah-buahan, pasien yang mengalami alergi tersebut untuk sementara menghindari makan buah yang menjadi pemicu alergi. hindari setidaknya tiga sampai enam bulan, setelah itu dicoba sedikit demi sedikit atau yang sering disebut dengan cara eliminasi makanan.dengan cara eliminasi makanan sistem imunisasi di dalam tubuh dapat lebih memberi toleransi, karena ketika makan sedikit buah dan tidak reaksi maka porsinya harus datambah dam begitu seterusnya sampai reaksi alergi itu tidak muncul kembali  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar